Setelah hampir setahun lamanya (maklum saya tinggal di suatu tempat yang untuk ke warnet harus menempuh itungan jam) saya tidak mengamati perkembangan blogs perawat kira-kira sebulan yang lalu saya mulai surfing.

 

Saya menjumpai blog-blog perawat yang menunjukkan geliat ke arah kristalisasi pemikiran dan motivasi yang menggembirakan. Beberapa blog dilandasi oleh semangat kolektivitas dengan memberi nama non personal dan mengundang pengunjung untuk berpartisipasi dalam ‘membesarkan blog. Termasuk kelompok ini adalah Blog Perawat Manajer Indonesia yang inisiasi dan motori oleh Mas Wastu, kebetulan kakak tingkat waktu di Malang. Ada Komite Keperawatan RSU Banyumas, dengan sub headingnya “komunitasnya perawat pembelajar’.

 

Berikutnya adalah blog personal perawat dengan fokus substansinya dunia akademik keperawatan, keilmuan lengkap dengan fitur-fitur yang menunjang. Termasuk dalam kelompok ini adalah blognya Mas Bondan Palestin dan Mas Heru Subekti.

Tentu saja lebih banyak lagi yang lainnya antara lain blog Siswanto (kuwait).

Saya merasa salut dan angkat jempol untuk semua perawat-perawat blogger yang meramaikan  cyber. Untuk yang akan datang semoga ini akan menjadi pemantik kemajuan dan eksistensi peradaban keperawatan dan kesehatan Indonesia dan di Indonesia.

salam./