NURSING INFORMATIC

 

Informatika Keperawatan adalah bidang yang sama sekali baru di Indonesia. Untuk mengembangkannya perlu jiwa pioneer.  Seumpama tanah, bidang ini seperti tanah yang masih luas terhampar dan ditumbuhi semak belukar dan pepohonan.

 

Penerapan frase “informatika Keperawatan’ untuk penelusuran menggunakan search engine Google diperoleh 95 hasil, sedangkan penerapan frase ‘informatika kedokteran’ diperoleh hasil 4.690 (June 22, 2008) . Jadi perbandingannya adalah 1 :  49. Maklum di Indonesia kedokteran  sudah di kenal sejak jaman penjajahan. Sedang Keperawatan baru ‘nongol’ sekitar 60-an. (mohon koreksi jika salah).

 

Sedangkan penerapan “nursing informatic” diperoleh sekitar 681.000 hasil, dan sekitar 1.860.000 hasil untuk penerapan “medical informatic” (1 : 3). Lumayan dekat !!!

 

Rumah Sakit Banyumas dikenal sebagai Rumah Sakit yang pertama kali menerapkannya. Ini menarik beberapa ‘ulama’ informatika kedokteran membicarakannya, sementara itu juga sebenarnya banyak perawat yang merisaukan urgenitas penerapan sistem informasi ini, paling tidak  kerisauan Pak Wastu sangat mungkin mewakili (baca: gunung es) banyak perawat-perawat kritis lainnya.

 

Informatika kedokteran dan informatika Keperawatan sebagai bagian dari informatika kesehatan merupakan lingkup bidang terapan multidisiplin dengan fokus pasien / klien sebagai customer utama yang ditujukan dalam peningkatan pelayanan kesehatan.

 

Istilah dan definisi Informatika mula-mula diperkenalkan oleh ‘ulama’ Rusia pada tahun 1966, setidaknya hal ini menurut Sackett and Erdley (2002), sedangkan istilah informatika kedokteran paling awal pernah di pakai oleh orang  Perancis, Francois Gremy pada tahun 70-an (aslinya: informatique medical), kemudian di terjemahkan sebagai medical informatic dalam bahasa inggris dengan definisi teknologi informasi yang menekankan perhatian pada perawatan pasien dan proses pembuatan keputusan medis (Hannah, Ball, dan Edward, 1999).  Paling tidak kurang lebih itulah yang saya temukan di situs Origin of the Terms Informatics:

 

Sedangkan “Informatika Keperawatan” sangat mungkin pertama kali digunakan dan didefinisikan oleh Scholes dan Barber pada tahun 1980 pada konferensi MEDINFO di Tokyo.

 

Informatika Keperawatan adalah penggunaan teknologi pengelolaan informasi berhubungan dengan segala hal berkenaan dengan fungsi  perawat dan dilakukan untuk meningkatkan kinerja perawat dalam melaksanakan tugas-tugas merawat pasien, tugas-tugas administrasi, pendidikan dan penelitian.

 

Mas Hery Valona pernah merancang protipe system asuhan Keperawatan sederhana yang diuji cobakan terhadap Mahasiswa S1 Keperawatan UGM sekaligus dievaluasikan. Hasilnya memang perlu penyempurnaan-penyempurnaan tetapi paling tidak itu bisa dikembangkan terus.

 

 

 

 

Advertisements